Minggu, 05 Januari 2014

Sistem Informasi Akademik Universitas Gunadarma


PSMA ( Pengembangan Sistem Manajemen Akademik )
http://www.gunadarma.ac.id/id/pages/id-psma-online.html

Pengembangan Sistem Manajemen Akademik (PSMA) Online merupakan unit struktural di tingkat Universitas Gunadarma yang terlibat dalam pengolahan informasi akademik. Mahasiswa bisa mengisi KRS sendiri secara langsung ke Terminal Komputer, yang dipandu oleh Pembimbing Akademik dan Penasehat Akademik yang ditunjukan untuk masing-masing kelas. Selain itu, PSMA online mencetak KRS dan kartu mahasiswa yang sudah dilengkapi dengan teknologi smartcard, RFID, dan alat pembayaran elektronik- yang implementasinya bekerja sama dengan pihak Bank.

Analisis Sistem di Universitas Gunadarma (UG)

- Gambaran Sistem

Supersistem : Universitas Gunadarma (UG)
Subsistem    : 1. BAAK (Biro Akademik dan Administrasi Keuangan)
                      2. PSMA (Pengembangan Sistem Manajemen Akademik) Online
                      3. PPMB (Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru)
                      4. StudentSite Gunadarma
                      5. SAP Gunadarma
                      6. eLearning Gunadarma
                      7. Perpustakaan dan Laboratorium

Penjelasan:
Universitas Gunadarma merupakan supersistem yang mempunyai beberapa subsistem di antaranya adalah subsistem BAAK, PSMA, PPMB, StudentSite, SAP, eLearning, perpustakaan dan laboratorium yang saling berintegrasi satu sama lain dengan subsistem lainnya. 


-BAAK (Biro Akademik dan Administrasi Keuangan)
Dalam Situs BAAK Online , Mahasiswa bisa melihat segala sesuatu informasi yang berhubungan dengaan BAAK. Seperti Profil BAAK , Struktur BAAK , dan Lokasi BAAK.
Selain itu , Kita bisa melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan AKADEMIK.
Misalnya , Kalender Akademik , Jadwal Kuliah , Jadwal Ujian , FRS , KRS ,dll
serta segala sesuatu ttg Administrasi Akademik seperti Daftar Ulang , Cuti Akademik ,dll.

- PSMA (Pengembangan Sistem Manajemen Akademik) Online
PSMA-Online bertugas untuk melayani administrasi akademik mahasiswa seperti Daftar Ulang, KRS (kartu Rencana Studi), DNS (Daftar Nilai Semester ).

- PPMB (Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru)
Merupakan situs yang menjelaskan prosedur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Gunadarma.

- StudentSite Gunadarma
Merupakan situs untuk pembelajaran penggunaan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan system  aplikasi yang di miliki universitas gunadarma .Situs ini dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar melalui informasi jadwal kuliah dan ujian,informasi atau tugas dari dosen,daftar nilai sementara.Selain itu,user id dan password pada studentsite ini dapat digunakan untuk mengakses layanan lain.

-SAP Gunadarma
Dalam situs SAP Gunadarma , mahasiswa bisa mendownload rincian pembagian materi dari setiap masing-masing mata kuliah setiap kali pertemuan serta bisa mengetahui buku-buku acuan untuk belajar.

-Elearning Gunadarma
Merupakan situs untuk pembelajaran mahasiswa melalui komputer dimana saja, kapan saja dengan memanfaatkan jaringan lokal yang memuat materi kuliah di universitas gunadarma,materi yang disajikan berupa tutorial interaktif dan dokumen berformat yang siap diambil/mendownlod, melalui situs ini mahasiswa dapat menggunakan sebagai media pembelajaran tambahan selain media buku, fotocopy,dan lain-lain.


- Integrasi antar sistem

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pendaftaran mahasiswa baru merupakan kegiatan yang diurus oleh PPMB. Data-data yang dikumpulkan di PPMB diserahkan juga kepada BAAK karena BAAK mengurus segala hal yang berhubungan dengan Akademik dan Keuangan. Setelah mahasiswa selesai mendaftar, mahasiswa wajib membayar uang kuliah sesuai yang tertera pada informasi di PPMB dan untuk membayar tersebut mahasiswa mendapatkan blanko yang dapat dibayarkan ke bank melalui BAAK.

2. Aktif Akademik

Aktif akademik ialah mahasiswa yang dapat mengikuti kegiatan akademik pada semester yang bersangkutan setelah menyelesaikan administrasi akademik sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Untuk aktif akademik, mahasiswa diwajibkan untuk membayar uang kuliah dan mengisi serta mengambil KRS (Kartu Rencana Studi) pada semester yang bersangkutan. Uang kuliah tersebut dibayarkan ke bank dengan blanko yang didapat di BAAK sedangkan pengisian dan pemgambilan KRS dapat dilakukan di ruang PSMA Online dengan menyerahkan salah satu blanko yang didapat dari BAAK setelah melakukan pembayaran di bank.

3. Daftar Ulang

Kegiatan daftar ulang dilakukan setahun sekali pada semester genap di ruang PSMA Online. Mahasiswa yang akan melakukan daftar ulang sebelumnya telah mengambil dan mengisi FDU (Formulir Daftar Ulang) dan datang sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika selesai mengisi data-data pada saat daftar ulang di ruang PSMA Online, maka selanjutnya dilakukan pencetakan blanko pembayaran uang kuliah dimana blanko tersebut dapat diambil di BAAK.

4. Praktikum

Praktikum diadakan di laboratorium bergantung pada masing-masing jurusan. Pada praktikum, mahasiswa minimal harus mengikuti praktikum sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan per semester. jika kurang dari itu, maka mahasiswa diberi kesempatan untuk mengulang praktikum setelah akhir masa praktikum dengan syarat membayar uang pengulangan sebesar Rp 5.000,00. Sebagai bukti pembayaran tersebut adalah blanko yang diserahkan kepada mahasiswa yang mengulang tersebut yang didapat dari BAAK.


5. Ujian

Untuk dapat mengikuti ujian, mahasiswa harus hadir sekurang-kurangnya 70% dari kegiatan kuliah tersebut. Kehadiran tersebut dicatat pada map absensi yang berada pada sekretariat dosen dimana untuk selanjutnya akan diteruskan data-data kehadirannya kepada BAAK.

6. Perbaikan nilai melalui UM (Ujian Mandiri)

Mahasiswa yang mengikuti UM adalah mahasiswa yang berniat mengubah nilainya menjadi lebih baik (bukan nilai E, karena itu berarti harus mengulang kelas). Jika mahasiswa berhasil mengubah nilainya menjadi lebih baik, maka nilai pada DNS akan diperbarui oleh petugas UM dan disalurkan kembali kepada BAAK untuk pengecekan nilai.


- Arsitektur Sistem






-Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan supersistem ini adalah mempunyai database yang terintegrasi dengan subsistem-subsistem. Subsistem-subsistem tersebut saling bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yaitu membantu pengelolaan administrasi akedemik maupun keuangan di Universitas Gunadarma yang sebagian besar dikelola oleh BAAK.

Kekurangan supersistem ini adalah masih ditemukan subsistem-subsistem yang kurang bekerja sama satu sama lainnya dan ada subsistem yang sama sekali tidak berhubungan dengan subsistem yang lainnnya.




Kesimpulan
Dari penjelasan sistem manajemen akademik Universitas Gunadarma di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengakses informasi mengenai perkuliahan sudah sangat mudah didapatkan melalui beberapa situs akademik online. Informasi yang dapat di akses adalah kalender akademik, jadwal kuliah, jadwal ujian, nilai, informasi beasiswa, workshop dan seminar,  KRS, dll.
Saran
Penambahan layanan sistem informasi dengan menggunakan multi bahasa (Indonesia dan Inggris) disetiap situs untuk mendukung Gunadarma World Class University.

0 comments:

Posting Komentar

My Little World Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template