Senin, 07 Juli 2014

Analisa Tulisan Dosen



Analisa tulisan Bpk. Muhammad Ali Chozin:
PERAN ASAS TUNGGAL PANCASILA DALAM MEMBENDUNG GERAKAN IDEOLOGI ISLAM GARIS KERAS

Tidak ada yang menyangkal bahwa Indonesia adalah negara yang kaya.  Kaya akan suku, budaya, bahasa daerah dan juga agama.
Para pemimpin kita sudah terlebih dahulu menyadari hal tersebut dan akhirnya muncullah semboyan bangsa ini “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Bhineka tunggal ika sangat berkaitan erat dengan pancasila yang merupakan ideologi bangsa ini. Menurut saya pancasila adalah ideologi yang sempurna untuk Negara kita karena sangat menggambarkan Negara ini secara utuh melalui setiap silanya.

Saya tidak habis pikir bahwa ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubah ideologi bangsa besar ini demi mengutamakan agamanya.
Sepertinya kelompok-kelompok tersebut harus belajar lebih lagi memahami arti besar pancasila bagi bangsa ini.  Setuju dengan kalimat Bapak Abdurrahman Wahid yang ada dalam tulisan Bapak Muhammad Ali Chozin mengatakan bahwa:

“Tanpa Pancasila, negara RI tidak akan pernah ada. Karena Pancasila adalah
serangkaian prinsip-prinsip yang bersifat lestari. Ia memuat ide yang baik tentang
hidup bernegara yang mutlak diperjuangkan. Saya akan mempertahankan Pancasila
yang murni dengan jiwa raga saya, terlepas dari kenyataan bahwa ia tidak jarang
dikebiri atau dimanipulasi, baik oleh segelintir tentara maupun sekelompok umat Islam”14

Menurut saya itu adalah kalimat yang sangat masuk akal dan bijak untuk menolak siapapun untuk mengganti ideologi Negara ini. Melalui pancasila kita saling menghormati antar agama, menghargai kemanusiaan, mengutamakan kesatuan bangsa, belajar untuk selalu bermusyawarah dan berusaha untuk bergotong-royong demi terciptanya keadilan bagi seluruh rakyat.  

Saya tidak melihat celah sedikitpun dari ideologi pancasila untuk digantikan.
Kenapa “meraka” ingin merubah ideologi bangsa ini? karena kurang memahami pancasila ataukah karena memang meraka adalah orang-orang yang egois yang tidak bisa menikmati perbedaan? Seperti kalimat yang saya tuliskan di atas tadi. “saya tidak habis pikir!!”

“Kedamaian ada ketika kita mau menerima perbedaan”

Kelompok-kelompok garis keras yang menginginkan ideologi pancasila digantikan adalah bagian dari Negara Indonesia juga yang harus kita terima dan hargai.
Saya berharap persatuan bangsa ini tetap terjaga lewat nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 yang masih eksis sampai saat ini.

0 comments:

Posting Komentar

My Little World Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template