Selasa, 20 Desember 2016

Gagasan atau Ide untuk Membangun Desa



Tugas ISD-2
Dosen  : Ramita Hapsari
Nama   : Meliana
NPM   : 1B115208

Gagasan atau Ide untuk Membangun Desa

            Membangun sebuah desa memang bukanlah perkara mudah, namun bukan juga hal yang mustahil untuk dilakukan. 

Sebuah Desa, sejatinya merupakan tempat berpusatnya berbagai kegiatan dan aktivitas seluruh elemen dan komponen masyarakat di dalam pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan umum. [ DR. Yansen Tipa Padan, M.Si. – Buku Revolusi Dari Desa; Saatnya Dalam Pembangunan Percaya Kepada Rakyat]. 

Banyak desa yang belum memaksimalkan potensinya untuk menjadikan desa yang kuat dan mandiri. Pembangunan tertinggal, sumber daya manusia yang tidak bertumbuh serta kurangnya konsetrasi kepala daerah dalam memahami masalahnya di lingkungannya menjadi masalah utama yang harus diselesaikan. Jika ditanya ide atau gagasan apa untuk membangun sebuah desa, saya teringat dengan pasukan orange, hijau, ungu dan biru yang ada di DKI Jakarta. Dengan permasalahan yang begitu komplek yang ada di Jakarta, team yang dibentuk oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama tersebut mampu membantu menjadi Jakarta yang lebih baik. Pasukan orange, penanganan prasarana dan sarana jalan, yang bertugas untuk perbaikan jalan berlubang, perbaikan trotoar, serta pengecatan kantin. Pasukan hijau berada dibawah Dinas Pertamanan dan Pemakaman, petugas ini mempunya tugas antara lain untuk menghijaukan kota Jakarta, dari pemeliharaan taman- taman sepanjang jalan dan juga pemeliharaan ruang terbuka hijau. Pasukan ungu, Pasukan Ungu yang berada dibawah pengawasan Dinas Sosial, mempunyai tugas untuk menangani masyarakat yang terlantar dan pikun yang ada di daerah Jakarta. Pasukan biru, berperan ikut membersihkan luapan air ketika terjadi genangan atau banjir.


Meskipun masalah sebuah desa tidak sekomplex di ibu kota, saya rasa perlu diadakan pasukan yang berkonsertasi pada masalah yang krusial di subuah desa. Dimana pasukan tersebut bekerjasama dengan pemimpin daerah untuk turut membangun desa yang lebih baik. Misalnya saja membentuk pasukan yang berkonsentrasi dengan infastruktur pembangunan desa dan pasukan khusus untuk memberdayakan masyrakatnya atau meningkatkan kemampuannya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Diharapkan dengan pasukan ini membantu tugas kepala daerah dan meringankan memantau perkembangan daerah yang dipimpinnya dan menajdikan desanya menjadi lebih baik.

0 comments:

Posting Komentar

My Little World Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template