Minggu, 29 Mei 2011

Nasibmu Kian Malang


Perjalanan menuju rumah.

Kulihat sebuah telepon umum dipojok lapangan, berdiri sendiri dipayungi pohon besar lanjut usia.

Seketika itu kuingat saat telepon umum berjaya dulu.

Banyak orang rela mengantri panjang untuk menggunakan fasilitasnya. Menelepon dengan suara pelan sambil sesekali menenggok ke belakang, takut takut pembicaraan didengar orang lain yg sedang menuggu giliran. Kurang lebih pemandangan seperti itu pernah kulihat.

Dulu, tepat disamping rumahku ada telepon umum kartu, jadi kulihat jelas bagaimana ramainya telepon umum terlebih ketika malam minggu.

Jadi inget, waktu masih SD, aku dan teman teman sering sekali menelepon iseng kantor pemadam kebakaran di telepon umum, kebetulan nomornya ada disana.Ditelepon umum kelurahan dkt sekolah.

Seperti yang kita tau, telepon umum ada 2 jenis. Yang menggunakan kartu dan uang koin.

Kalau yang menggunakan kartu tentu hrs membeli terlebih dulu kartunya yang harganya sekitar Rp 5.000 sampai Rp 15.000. Telepon umum kartu ini sekarang sudah tidak ada, mungkin karna sudah tdk ada lg yang menjual kartu. Dan , yang tersisa hanya telepon umum koin, dengan memasukkan uang koin Rp 100, Rp 200 atau Rp 500 kita sudah bisa menggubungi keluarga, saudara, teman atau bahkan pacar.

Zaman berubah.

Seiring berjlannya waktu, kini telepon umum terlindas jaman, ditinggalkan oleh kemajuan teknologi. Tidak heran, banyak telepon umum yang dicabut karna dinilai sudah tdk terpakai.

Aksi vandolismepun kian menghiasi sisa telepon umum yang ada, mulai dari coretan- coretan nomor telepon, “iklan pijat”, “telepon aku”, sampai cacian-cacian jorok.

Telepon umum disia-siakan, tidak terawat. Bahkan gagang teleponnya saja hilang entah kemana rimbanya.

Telepon umum, malang benar nasibmu.

Bagai hidup segan, matipun tak mau.

Begitulah kira-kira keberadaan telepon umum sekarang menurutku.

***
14012011

0 comments:

Posting Komentar

My Little World Copyright © 2009
Scrapbook Mania theme designed by Simply WP and Free Bingo
Converted by Blogger Template Template