Sejarah Singkat
Alfamart adalah sebuah
brand minimarket penyediaan kebutuhan hidup sehari-hari oleh PT.sumber alfaria
trijaya,tbk. Pada tahun 1989 merupakan awal berdirinya alfamart,dengan mulainya
usaha dagang rokok dan barang –barang konsumsi oleh DJOKO SUSANTO dan keluarga
yang kemudian mayoritas kepemilikanya dijual kepada PT.HM Sampoerna pada tahun
1989.pada tahun 1994 struktur kepemilikan berubah menjadi (70%) dimiliki oleh
PT.HM Sampoerna tbk dan (30%) dimiliki oleh PT.Sigmantara alfindo(keluarga
djoko susanto)
PT.Alfa minimart utama (amu)
didirikan pada tanggal 27 juli 1999,dengan pemegang saham PT.Alfa
retailindo,tbk sebesar (51%) dan PT.Lancar distrindo sebesar sebesar
(49%),PT.Alfa minimart utama(amu) ini kemudian membuka alfa minimart pada
tanggal 18 oktober 1999 berlokasi jalan beringin raya,karawaci.tangerang.
Pada tanggal 27 juli 2002,PT
HM Sampoerna tbk secara resmi merestrukturisasi kepemilikanya sahamnya diPT.Alfa
retailindo yang semula (54,40%) dikurangi menjadi(23,4%) disisi lain,perusahaan
rokok terbesar kedua di Indonesia akan mulai mengarap serius pasar minimarket
yang selama ini belum tergarap melalui alfa.
Pada tanggal 1 agustus
2002,kepemilikan beralih ke PT. sumber Alfaria trijaya dengan pemegang saham
PT.HM Sampoerna ,tbk sebesar (70%) dan sigmantara alfindo sebesar (30%)
kemudian nama alfa minimart diganti menjadi alfamart pada 1 januari 2003.pada
tahun 2005 jumlah gerai alfamart bertumbuh pesat menjadi 1.293 gerai hanya
dalam 6 tahun semua took berada dipulau jawa.
Awal tahun 2006
PT.HM sampoerna,tbk menjual sahamnya,sehingga struktur kepemilikan menjadi PT.
Sigmantara alfindo(60%)dan PT.cakrawala mulia prima(40%) mendapat sertifikat
Iso9001:2000 untuk system manajemen mutu”. Petengahan 2007 Alfamart,sebagai
jarang minimarket pertama diindonesia yang memperoleh sertifikat Iso 9001 :
2000 untuk system manajemen mutu.jumlah gerai mencapai 2000 toko dan telah
memasuki pasar lampung. Awal 2009 menjadi perusahaan public tgl 15 januari 2009
dibursa efek Indonesia disertai dengan penambahan jumlah gerai mencapai 3000
toko dan juga memasuki pasar bali.
Motto
“belanja puas,harga pas”
Sistem informasi Manajemn Alfamart
Dalam
penggunaan sistem informasi manufaktur, Alfamart menggunakan sistem kertas
kerja PKM yang menetapkan kuantitas maksimum yaitu setiap item barang sudah
diketahui trenad penjualan selama 3 bulan, mengetahui masa tenggang waktu
antara permintaan barang sampai pemenuhan, dapat merevisi PKM untuk barang yang
cepat terjual, dan barang yang lambat terjual yang dilakukan setiap awal bulan
dengan mencetak laporan PLM dan mengusulkan pada area coordinator untuk
merubahnya. PKM juga dapat mengetahui kondisi di mana barang tersebut sedang
kosong di gudang maupun di toko.
Lajunya pertumbuhan gerai toko
alfamart yang cepat dengan transaksi lebih dari 40 transaksi struk perbulan
,dapat terlaksana karena didukung oleh system teritegrasi pada setiap poin of
sales (POS) kasir disemua gerai yang mencakup system penjualan,persediaan,dan
penerimaan barang.tehnologi di pos kasir dirancang sudah memenuhi kebutuhan
perkembangan dan transaksi di masa depan.
Untuk mempercepat pelayanan
dan keyamanan belanja dikasir, alfamart menggunakan pemandaian scanner barcode,
pembayaran pun kini memberikan kemudahan bagi konsumen dengan menggunakan bca
debit,mandiri debit dan berbagai macam bank yang tercantum.
Dalam diadakan distribusi
barang ,alfamart menerapkan digital packing system dan tail gate system pada
pusat distribusinya. kedua system dan tail gate system pada setiap
distribusinya. keduan system ini mempercepat dan meningkatkan efisiensi proses
pengambilan barang dari rak penyimpanan dan pemuatan barang ke armada pengirim
maupun barang di gerai alfamart.
Pengendalian operasi toko
Persediaan operasi toko adalah
salah satu system yang sudah ditetapkan perusahaan agar kegiatan di toko
berjalan dengan lancar atau sempurna. Adapun pengendalian toko tersebut adalah:
1. pengendalian persediaan
2. pengendalian penjualan
3. pengendalian biaya
4. pengendalian administrasi
5. pendapat lain-lain
6. pengendalian lingkungan
Setiap perusahaan ,perusahan
perdagangan ataupun perusahaan pabrik serta perusahan jasa selalu mengadakan
persediaan. Tanpa adanya persediaan, para perusahan akan dihadapikan pada
resiko bahwa perusahaanya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan
pelanggan meminta barang /jasa.persediaan diadakan keuntungan yang diharapkan
tersebut lebih besar dari pada yang ditimbulkannya.
Alfamart
mengamankan data-datanya dengan backup database dan restore database. Dengan
backup database maka terjadi proses membuat salinan data sebagai cadangan saat
terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut
dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup pada Alfamart diantaranya,
mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau
kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga
rusak. Sedangkan untuk restore dilakukan setelah backup. Backup akan menjadi
sia-sia bila proses pengembalian dan perbaikan data sistem sulit dilakukan.
Flowchart Proses
Keuntungan
dan Kerugian Waralaba Alfamart
Keuntungan:
- Transformasi pengetahuan bergabung akan banyak diperoleh
pengetahuan bisnis toko
modern + menempatkan franchisee sebagai pelaku bisnis.
- Survey lokasi dari Alfamart akan memperkaya wawasan
mengenai potensi dan strategis
tidaknya suatu lokasi
- Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, yang bikin
kita tidak perlu terlibat full
time dalam operasional toko
- Peluang berkembang dpt memiliki lebih dari 1 unit toko dgn
tingkat kesibukan yang sama, tp
masih bisa diatur.
Keuntungan:
- Transformasi pengetahuan bergabung akan banyak diperoleh
pengetahuan bisnis toko
modern + menempatkan franchisee sebagai pelaku bisnis.
- Survey lokasi dari Alfamart akan memperkaya wawasan
mengenai potensi dan strategis
tidaknya suatu lokasi
- Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, yang bikin
kita tidak perlu terlibat full
time dalam operasional toko
- Peluang berkembang dpt memiliki lebih dari 1 unit toko dgn
tingkat kesibukan yang sama, tp
masih bisa diatur.
Kerugian:
- Adanya Ongkos waralaba dan pembagian keuntungan ( royalti )
sama pihak Alfamart
- Operasional yg disiplin dan harus dipatuhi
- Tidak bebas dalam memilih produk yang ingin dijual
- Produk yang terbatas yang hanya disediakan oleh pihak
franchisor.
- Adanya Ongkos waralaba dan pembagian keuntungan ( royalti )
sama pihak Alfamart
- Operasional yg disiplin dan harus dipatuhi
- Tidak bebas dalam memilih produk yang ingin dijual
- Produk yang terbatas yang hanya disediakan oleh pihak
franchisor.
Kesinpulan dan Saran
KesimpulanBerdasarkan hasil pembahasan dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Alfamart menggunakan sistem kertas kerja PKM yang
menetapkan kuantitas maksimum yaitu
setiap item barang sudah diketahui trenad penjualan selama 3
bulan.
2. Untuk mempercepat pelayanan dan keyamanan belanja dikasir,
alfamart menggunakan pemandaian
scanner barcode.
3. Dalam diadakan distribusi barang ,alfamart menerapkan digital
packing system dan tail gate system
pada pusat distribusinya. kedua system dan tail gate system pada
setiap distribusinya
4. Alfamart mengamankan data-datanya dengan backup database
dan restore database.
Saran:
disajikan dengan lebih lengkap agar apa
yang diinginkan konsumen dapat dipenuhi .
2. Mayoritas konsumen Indonesia sensitive terhadap harga, karena
itu Alfamart agar menekan harga
dengan cara memutus saluran distributor yang panjang yang
akan meminimalkan biaya dan pada
akhirnya harga menjadi sama dengan pesaing. Selebaran yang
full color dengan informasi produk
dan harga tidak akan banyak mempengaruhi pembeli karena
mereka juga akan mendapat selebaran
yang sama menarik dari peritel lainya.
3. Pelayanan pada minimarket Alfamart sebaiknya ditambahkan
dengan fasilitas pesan belanja
melalui telpon agar tidak kalah dengan pesaing.
4. Bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain dan
organisasi perdagangan atau
minimarket lain sebagai pembanding agar didapat hasil yang
lebih sempurna.
Sumber:
http://indahbungasaputri.blogspot.com/2013/11/sistem-informasi-pada-minimarket_6.html
http://simfanny.blogspot.com/
http://corporate.alfamartku.com/data/File/Alfamart%20AR%202011_Final.pdf
http://oki-meisanto.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-pt-sumber-alfaria_2965.html
http://www.bimbingan.org/kelemahan-alfamart.htm
http://sharragung.wordpress.com/
http://simfanny.blogspot.com/
http://corporate.alfamartku.com/data/File/Alfamart%20AR%202011_Final.pdf
http://oki-meisanto.blogspot.com/2010/10/sistem-informasi-pt-sumber-alfaria_2965.html
http://www.bimbingan.org/kelemahan-alfamart.htm
http://sharragung.wordpress.com/
0 comments:
Posting Komentar